Fakta Tentang Diabetes Mellitus

Hampir Mayoritas orang-orang di kota besar terkena diabetes. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari , atau tidak tahu, atau tidak mau tahu soal itu. Gaya hidup yang tidak teratur, kebiasaan makan junk food atau fast food, malas berolahraga, menjadi alasan utama bahwa orang-orang kota dapat terkena diabetes.

Fakta menunjukkan bahwa hanya sekitar 50% dari diabetes yang terdiagnosis dan menyadari mereka menyandang diabetes. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan medical check up sejak usia muda. Maka tidak salah jika diabetes mellitus dianggap sebagai The Silent Killer atau pembunuh yang senyap bagi mereka yang menderitanya namun tidak menyadarinya.

Banyak orang masih beranggapan penyakit diabetes merupakan penyakit orang tua atau penyakit keturunan. Padahal diabetes bisa saja menjangkiti siapa pun, dan mungkin termasuk Anda. Namun yang perlu anda pahami adalah Anda tidak sendiri. Menurut data WHO, Indonesia menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita diabetes mellitus di dunia. Pada tahun 2000 lalu terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes. Namun, pada tahun 2006 diperkirakan jumlah meningkat tajam menjadi 14 juta orang, dan baru 50% yang sadar mengidapnya dan baru 30% yang berobat secara teratur.

Sangat disayangkan bahwa banyak penderita diabetes yang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit yang lebih sering disebut kencing manis. Hal ini mungkin disebabkan minimnya informasi di masyarakat tentang diabetes terutama gejala-gejalanya. Sebagian besar kasus diabetes adalah diabetes tipe 2 yang disebabkan faktor keturunan. Tetapi faktor keturunan saja tidak cukup untuk menyebabkan seseorang terkena diabetes karena resikonya hanya 5%. Ternyata diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas alias kegendutan akibat gaya hidup yang tidak sehat.

share

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s