Diabetes mengancam Kaum Muda!!

Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang timbul akibat kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi itu disebabkan ketidakmampuan tubuh memproduksi hormon insulin atau penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Gula darah dapat meningkat karena makanan, stress, sakit, dan obat-obatan tertentu.

Diabetes adalah penyakit yang belum ada obatnya untuk disembuhkan secara total. Jenisnya ada dua, yaitu diabetes tipe 1 yang tergantung pada insulin dan diabetes tipe 2 yang tidak tergantung pada insulin.

Diabetes tipe 1 dapat terjadi pada usia berapapun, umumnya sebelum usia 30 tahun. Penyebabnya tidak dapat diketahui, namun faktor keturunan, serangan virus pada pankreas, serta kerusakan sel pembuat insulin dan sistem kekebalan tubuh diduga menjadi pemicu diabetes tipe 1. Karena itu penderita diabetes tipe 1 memerlukan suntikan insulin setiap hari, selain mengatur menu makanan yang telah ditentukan kalorinya sesuai kebutuhan.

Sedangkan penanganan diabetes tipe 2 cukup dengan pengaturan makanan yang sesuai dan tidak tergantung pada insulin. Biasanya dibantu obat untuk meningkatkan produksi dan aktivitas insulin, sehingga perlu dilakukan kontrol oleh dokter dan ahli gizi untuk mengatur pola makannya agar tidak salah. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari komplikasi yang dapat terjadi pada diabetesi seperti penyakit ginjal, jantung, dan hipertensi, yang diakibatkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Memang kini diabetes tipe 2 semakin menjadi masalah serius. Bahkan jumlah penderitanya juga terus bertambah. Diabetes tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi kadar gula darah dapat dikendalikan sehingga berbagai komplikasi dapat dicegah. Kunci penanganan diabetes adalah menjaga kadar gula darah. Cara menjaga kadar gula darah dan tekanan darah, antara lain dengan menjalankan diet yang tepat, olahraga teratur, dan mengonsumsi obat jika diperlukan.

share

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s